Rabu, 06 Oktober 2021

"Hatimu, Kunci Bahagia Rumahmu" Refleksi Zona 3 Bunsay 7

 Bismillah


Kita ga akan pernah bisa memulai interaksi dengan orang lain sebelum kita selesai dengan diri kita sendiri


Apalagi nih emak-emak yang multiii dynamic bangeeet! Meskipun mungkin kita bisa berkomunikasi dengan orang lain, namun akan selalu ada rasa ga nyaman yang hinggap. Rasanya bikin eungap ceunah kalau kata urang Sunda nya'. 

Ada yang pernah merasakan begini? 

Pengennya bisa berkomunikasi yang produktif ternyata malah jadi sensitif, bapernya akut, Maaak! Pengennya bisa membangun relasi malah jadinya menuai sensasi dan makan hati, hiks.

Nah, zona saat ini yang baru terlewati ialah tentang komunikasi produktif. Ada beberapa hal yang kutemukan selama di zona ini.

1. Pertama, bicara dengan diri sendiri itu, bukan kurang kerjaan, tapi jadi muhasabah diri.

Bisa sambil menimbang hal atau kelakuan apa yang tidak pas, merencanakan agenda, mengajak hati ini untuk berbagi rasa. 

Sebab aku merasa bahwa jika kita saja emosi nih, kepala ngebul, otak menggelepar, hati terkapar, naah bagaimana kita bisa menjalin komunikasi? 

Jadi hal pertama dan utama yang sering kulakukan ialah self talk. Terima kasih yaa hatikuuu sudah menemani dan menetralkan diri ini.


2. Memanen Ide

Alhamdulillaah di zona 3 ini malah banyak ide yang bisa diolah justru ketika self talk. Ceritanya nih, aku memang sebelum di Bunsay tuh suka banget menuai ide dan mengutak-atik ide saat sendiri, ngarepnya sih bakal ada me time gitu ya, hihi, tapi justru momen yang kunikmati ini justru kulakukan sambil nyupir alias nyuci piring. 

MasyaAllah


3. Kuncinya itu emak pinter berkomunikasi

Kenapa nih? Karena ibu adalah hatinya rumah. Semua akan terasa jengah ketika ibu marah, namun semua akan ikut riang jika ibu senang.

Tentunya kita ingin hidup di atas tanah ini akan selalu semerbak dengan keharuman bunga dan hangatnya mentari kaaan? Nah, kuncinya ada pada hati ibu. 🥰


Meski terbatas apa yang terungkap di sini, namun alhamdulillah senang bisa bertahan hingga saat ini. Semoga zona ke depan akan semakin mudah ditaklukkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar