Jumat, 02 Juli 2021

"Strong Why" Pra-Bunda Sayang Ibu Profesional

 

Bunda Sayang Ibu Profesional

Hidup ini kuanggap sebuah petualangan, di saat adrenalin berkejaran dengan tujuan, di sanalah kebahagiaan ikut serta dalam perjalanan ini.

Apa sih yang bikin hati para emak bahagia? Sejatinya adalah hal-hal kecil yang receh, temeh dan sederhana. Lalu ketika emak diajak main sambil belajar seperti halnya emak mengajak main anak-anaknya apa yang terjadi? Bahagia atau puyeng, hihihi.

Alhamdulillah, memasuki masa libur sekolah para bocah, pas banget dengan masa "ospek" emak-emak di salah satu sekolah ibu, yaitu pra-kelas Bunda Sayang Ibu Profesional

Telat setahun sih sebenarnya, mestinya ikut di batch kemarin, tapi waktu itu missing info dong, ketinggalan gerbong, hihi. Jadilah itu jadi pelajaran berharga banget buat langsung menandai waktu dan agenda begitu dapat info. 

Tapi, ga akan ada yang salah dengan waktu sih ya, Mak? Ga ada waktu yang tidak tepat, yang ada kita yang terlambat. Dan masih mending kita telat, daripada tidak pernah sama sekali. Intinya, akan selalu ada hikmah ya dari setiap kejadian. Yukk, mari kita nikmati aja hidup ini. 😄😀


Petualangan Fauna Bawah Laut

Mengambil gamifikasi perjalanan menyelam di lautan, masa pra-bunda sayang ini mengajak main para emak agar bahagia. Jadiii yuukk pakai kostum snorkelingnya, Maaak.

Syarat pertama kalau ala saya itu kita mesti bahagia dan temukan kebahagiaan versi kita yang menjadikan kita nyaman menjelajahi perjalanan kali ini. 

Bersama narasumber Ika Pratidina, kita diajak belajar dan main bareng. Ada beberapa reviu tentang core value di Ibu Profesional yang ditutup dengan cara menemukan strong why kenapa kita berada di jenjang saat ini. 

Kesimpulannya ala saya ialah nilai yang dijunjung tinggi dan menjadi ciri khas Ibu Profesional itu seperti siklus hidup sebuah tanaman buah. Dimulai dari fase belajar menjadi tanaman yang kokoh; lalu tumbuh menjadi kembang atau berkembang menjadi bunga yang indah; hingga berjuang dari bunga menjadi buah yang dianalogikan sebagai berkarya atau menghasilkan buah karya.

Teruuuss berproses lagi menuju masa panen yang dikonversikan dengan berbagi pada manusia dan juga makhluk lain yang menikmati karya sang pohon, dan berakhir menjadi berdampak baik bagi lingkungan dan dunia. 

Jadi ada 5B sebagai nilai tinggi yaitu belajar, berkembang, berkarya, berbagi dan berdampak yang sebaiknya selalu dipegang selalu oleh para IP-ers.

 

Strong Why yang Menguatkan

Seperti maknanya yang berarti alasan kuat mengapa melakukan sebuah pilihan, maka strong why pun harus merupakan hal yang menguatkan kita. Hal apa yang bisa membuat penyelaman kita lancar, aman dan selamat selama di bawah laut.

Kaaan butuh oksigen dunk 😀

Nah, waktunya menepi sesaat dari dunia darat dengan berada di bawah laut. Ada juga tips dari Mba Ika untuk menemukan strong why ala beliau itu dengan menggunakan metoda SMART, yaitu spesifik, measurable, achieveable, relevant dan time bound.

Alasan terkuat nyemplung di bunda sayang ini ialah 

karena saya butuh belajar untuk menjadi teman main dan belajar anak-anak. 

Bagi saya, nikmat sekali bisa belajar dan mengikuti perkuliahan. Jadi Bunda Sayang ini pun sebagai salah satu waktu private untuk menyelami diri. Dan ingin banget anak-anak pun menyukai masa belajar, menjadikan belajar itu menyenangkan dan bikin mereka nagih untuk terus menggali ilmu.

Muara dari strong why ini ialah seperti halnya berproses menjadi tanaman buah di atas, yaitu kebahagiaan. Apalagi kalau saya menuliskan bahwa saya ingin menjadi teman belajar dan teman main anak-anak, tentunya harus bermula dari diri saya yang harus bahagia.

Ya kali main itu dalam kondisi tanpa senyum, kaaan?

Setiap kali anak-anak minta izin main bersama teman-temannya, wajah mereka selalu berbinar dan langkah bergegas untuk bisa keluar rumah. Nah, itu PR banget buat saya untuk mengikuti cara mereka dalam bermain.

Nak, terima kasih yaa sudah hadir dalam kehidupan Ayah dan Bunda, 

sejatinya kamilah yang belajar dari kalian. 

Belajar tentang kebahagiaan tanpa polesan, kejujuran tanpa menyakiti, 

dan berekspresi sesuai fitrah kalian.


Bismillah,

Ayuk kita belajar bareng-bareng dalam misi menjalankan peran kita masing-masing yaa






Tidak ada komentar:

Posting Komentar