Featured Slider

Berkomunitas? Jauhi 5 Sifat ala Barnacle, yuk!



Are you ready?

Yes, captain!

Masih ingat film anak yang sering ada pertanyaan demikian? Cluenya, setting tayangan fiktif ini mengusung tema lautan.

Yes, betul! Film itu bertokoh utama spons kuning 😀, hihi. Pernah memperhatikan tidak jika ada nama tokoh yaitu Barnacle boy. Nah, Barnacle sendiri yang merupakan nama dalam bahasa Inggris, ternyata beneran ada di dunia nyata, lho!

Di Indonesia, Barnacle dikenal dengan nama Teritip! Dia bukan organisme yang suka ngintip lho, ya. Eh, tapi bisa juga sih jika ditelusuri kehidupannya yang melekat pada 'inangnya', suka mengintip dan mengikuti pergerakan tempat yang ia tinggali secara diam-diam saja.

Jika perahu, kayu, bahkan organisme laut yang suka Teritip jadikan tempat tinggal bisa menjadi berkerak, aus, bahkan usai masa hidupnya, maka Teritip/ Barnacle dalam perahu komunitas juga ada, nih.

Ga percaya? 

Simak deh Pantangan dalam Berkomunitas berikut ini. Jangan sampai ada jiwa Barnacle dalam diri kalian ya.

7 Cara Aman Bepergian saat Pandemi

 


Sudah berapa kota, pulau, bahkan negara yang telah dikunjungi? 9

Maunya tiap minggu bisa pelesir, apalah daya pandemi masih bikin hati berdesir kalau nekat jalan-jalan. 🙈 Hayoo siapa yang begini? 

Eh, tapi masih bisa kok jalan-jalan ke tempat yang dekat dari rumah, aman, dan kita sendiri juga dalam kondisi sehat. Apalagi kalau anak-anak dan keluarga sudah bosan #dirumahaja, hehehe.

Sebelum cuss bepergian, coba dicocokkan persiapannya dengan Hal-hal yang Perlu Dilakukan ketika Berwisata saat Pandemi berikut,

7 Tips Hamil Anti Galau (Banyak) di Rumah Saja Ditemani Bu Bidan

Design by Viana Wahyu


Halo, Bunda

Hamil di masa pandemi gini, mau curhat nanya keluhan kehamilan ke bidan, tapi mager mau keluar rumah karena suami juga sudah mulai WFO 🙈 terutama jika hamil pertama pula! Butuh teman cerita buat berbagi bimbang, ini mitos atau fakta, tapi pas berselancar daring, ga nemu jawaban yang pas. Belum lagi kalau baper karena lihat drakor, aktrisnya pas scene kontrol hamil ditemani suaminya tercinta.

Biar ga melow sendirian di rumah, misalnya karena calon anak pertama masih di dalam perut, atau jarak kehamilan sebelumnya cukup jauh, ada Tips Hamil Anti Galau saat di Rumah nih, Bun

Satu, cari teman sesama bumil.
Ini nih enaknya kalau jadi perempuan, apalagi sama-sama hamil, biasanya suka saling berbagi info menarik dunia kehamilan, mulai dari rekomendasi fasilitas kesehatan yang nyaman, makanan mood booster, sampai sale barang-barang maternity dan baby.

Dua, punya kontak tenaga kesehatan peduli bumil.
Zaman serba daring begini, biasanya banyak layanan konsultasi kesehatan. Salah satunya Kelas Bumil Cerdas (KBC) dari Bidan Muda Bergerak ini. Para bidan fasilitatornya meski masih unyu tapi banyak pengalaman. Telaten menjawab chat, serahasia apa pun curhatnya, akan dijawab dengan nyaman. Dan enaknya, bu bidan ready on chat jika ada situasi emergency, tengah malam sekalipun! Kelasnya juga berlangsung selama 6 pekan, agak lama ya, Bun, jadi ga sebentar terus ditinggal pas lagi sayang-sayangnyaa, hihihi.

Komandan Sayang di Pejuang Literasi




Sebuah rahasia besar sering berada di balik pintu yang tidak terbuka oleh sensor gerak, namun berpalang besar oleh kayu atau besi berukuran lebar. Jantung menjadi lebih cepat berdetak saat kunci sudah di tangan dan tinggal sekali gerakan mendorong. Hingga terbukalah sekat itu dan terpampang jawaban segala imajinasi, sesuai ekspektasi atau halusinasi.

Dor!

Ah, bersyukur sekali suara senapan itu hanya dalam imajinasi, tidak sebenarnya terjadi di hadapan saya, yang bisa membuat pompa jantung terjeda sesaat karena kaget saat memasuki markas.

Alhamdulillah, bisa merasakan berada dalam barisan para pejuang yang berbinar saat kami bersama-sama mengikuti apel penyambutan, karena tidak ada acara push-up untuk para junior, Ndan!

Merasakan masa orientasi ala batalyon yang ga bikin ngeri, tapi malah senyum-senyum penuh menantikan kejutan, rasanya baru pertama ini saya alami, di Pejuang Literasi. 

Dulu saya pernah mengalami orientasi kampus tapi modelnya mirip semi militer 🙈 meski minim hukuman fisik, tapi aturannya sampai membuat kami memilih tidur di lantai daripada disuruh lari jika sampai ada lipatan di sprei dipan asrama.

Penasaran bagaimana orientasi di Pejuang Literasi? 

Yuk, ikut berkeliling markas 🥰

Lebaran Haji Tanpa Haji




"Kadang tak perlu khawatir pada cinta yang terperangkap masalah, dengan kekuatannya ia akan menemukan jalan untuk mengurai masalah menjadi bentuk baru cinta"

Lebaran Haji

Sedih pasti. Tapi tak perlu menyesal apalagi kesal. Walau lebaran haji kali ini tanpa haji bagi Indonesia dan seluruh negara kecuali Arab Saudi, dengan izin-Nya, Allah pasti memiliki rahasia hikmah luar biasa bagi seluruh semesta.

Kenormalan yang Baru

Covid. 
Saya sendiri menganggap ujian baru bagi bumi saat ini bukan sebagai penyebab, tapi ia adalah akibat dari perjalanan kehidupan manusia. Di samping tentunya keberadaan Allah sebagai the greatest power untuk menguji manusia.

Kanvas Orion




Kurasa langit adalah sahabat setiaku. Saat angin menyusupkan hawa dingin yang menggigit hingga ke tulang, langitlah  yang mengantarkan puing masa lalu. Dan saat syahdu kicau burung menyambut matahari pagi, langit pula yang menerima segala gantungan doa dan harapan baru. Ia telah banyak memberiku penyangga hatiku yang rapuh.


Setiap kali aku tengadah, wajah-wajah yang terekam lama di kepalaku, satu per satu sketsa muncul pada gumpalan-gumpalan kapas putih di angkasa. Melambai-lambai padaku sebelum akhirnya bayang-bayang itu pergi tergantikan bentuk-bentuk awan yang lain.


Kelamnya malam semakin pekat, aku teringat pemilik mata bening dengan alis tebal dan bola mata yang nyaris bundar sempurna. Seperti wajah rembulan musim ini yang menjadi pengantar luruhnya daun Kesemek, saat buahnya yang bulat dengan warna semburat cahaya matahari terbenam telah matang, di sudut taman kecil di ujung sana. Kelebat masa lalu berhamburan, termasuk peristiwa saat langit memoles diri menjadi jingga, beberapa saat lalu.


"Wah, ga bakal selamat, tuh! Lukanya dalam gitu."


"Iya, besok juga ia sudah ga ada lagi di sini!"


Aku sudah menutup telinga pada perkataan seperti itu. Seharian aku berjalan tanpa tujuan. Hingga akhirnya di bawah rindang pohon Jeruk, aku putuskan menutup mata dengan luka yang kurasakan darahnya kian membasahi tubuhku. Untuk pertama kalinya aku tak melihat langit untuk mendapatkan kekuatan.

Mengikuti Jejak Astronaut Pertama Bumi tanpa Roket



Keyakinan bukan saja tangga penghubung masa lalu yang tidak tersusun dari fosil kita, tapi juga menjadi penyambung masa depan yang belum pasti menjadi milik kita

Jejak Pertama sang 'Astronaut'

Malam itu, seolah langit dan bumi menggelar karpet merah atas undangan istimewa. Bumi seakan berhenti bernafas, hanya seorang penduduknya saja yang melintasi sudut-sudut istimewa di atasnya. Dalam beban hati karena kepergian dua kekasih, Allah meringankan dengan menjadikannya tamu langit.

Menapaki Masjidil Haram yang suci menuju Masjidil Aqsha yang penuh keberkahan. Menaiki tunggangan pilihan dengan laju di atas kecepatan cahaya, bersama tour guide spesial yang agung dengan sayap-sayap ketulusannya.

💖

Allahumma sholli 'ala Muhammad
Ya Rasulullah, Engkaulah manusia terpilih itu. Penduduk bumi yang dirindukan penduduk langit. Lapis demi lapis terdapat penyambutan dalam kesyahduan. Hingga sampailah Engkau di hadapan penguasa alam semesta yang maha sempurna.

Gemparnya Bumi

Penduduk kota Mekkah geger!