NHW #4 Milestone Bunda Profesional

Bismillaahi




"Kita tak harus menunggu menjadi sempurna untuk bermimpi sempurna, lakukan saja hal yang membuatmu bahagia" (Viana Wahyu)


Kekuatan Fitrah

Membaca dua kata antara kekuatan dan fitrah itu menumbuhkan kekuatan sendiri untuk saya. Betapa pun kita berjuang dan berusaha kuat di panggung dunia ini, tetaplah tak ada yang bisa mengalahkan fitrah kita sebagai hamba-Nya. Maka demikian halnya dalam pendidikan anak, betapa pun banyak teori tetaplah kekuatan fitrah yang lebih tepat aplikasinya. Barokallaahu untuk para ilmuwan kehidupan dengan ilmu-ilmu fitrah yang dibagikan pada kami.

Dan kembali berkaca pada diri sendiri, semakin hari semakin menanjak tangga pemahaman di Matrikulasi ini, namun IIP hanya sebagai sarana, perjuangan sejati dari pembentukan Ibu Profesional ini harus para pelaku perjuangan atau pejuang kehidupan yaitu kita sendiri yang harus mewujudkan semua kebaikan di dalamnya.

Apa sajakah tapak perjuangan itu ?

Tentu saja jejak perjuangan ini bisa kita telusuri dari NHW-NHW yang kita bangun. Kalau bagi saya bangunan ini ibarat rumah impian kita.






Batu bata NHW #1

Kalau diflash back dari NHW #1.. Hwaaa ternyata saya kurang spesifik milih jurusannya. Dan parah banget kan, nyadarnya ketika NHW #2 kemarin. Sudah menyampaikan pada mak fasil bahwa NHW #1 nya mau saya revisi, tapi sayanya juga yang mundur-mundur belum mengajukan revisi. In sya Allaah segera ya mak fasil yang baik hati ^_^


Dinding NHW #2
Berbagai item semangat pada indikator ibu profesional alhamdulillaah sukses dilaksanakan, meski ada juga yang terseok menjalankannya. Gapapa, in sya Allaah saya masih terus semangat bertahan dan berjanji pada diri sendiri akan terus melaksanakannya walau tertatih.

For things to CHANGE, I must CHANGE FIRST.

Saya yakin suatu perubahan itu memiliki besaran masing-masing karena effort yang berbeda dan kondisi yang tak bisa disamakan. Sudah demikian adanya sunatullaah, karena garis hidup kita masing-masing tertuliskan dalam perbedaan.

Jadi saya yakin, suatu saat helai-helai mimpi dalam check list saya, bi idznillaah akan terwujud. Aamiin ya robb


Atap NHW #3

Di bawah atap rahmat-Nya kita mengurai segala benang yang dihamparkan di sekeliling kita. Dan alhamdulillaah di NHW #3 kemarin kami (saya dan suami) sedikit mulai menemukan seberkas cahaya dari misi spesifik yang dititipkan Allaah pada keluarga kami.

In sya Allaah kami sepakat untuk membangun mimpi-mimpi kami pertama dari bidang agama dan bidang kompetensi kami sekeluarga. Suami dari bidang tekniknya yang in sya Allaah tahun ini akan kuliah lagi, dan saya dalam bidang kesehatan yang dimixkan dengan ragam passion saya, mengamalkan ilmu kesehatan lewat tulisan, menyeriusi fotografi rumah tangga (food photography). Membantu anak-anak menemukan passionnya dan berprestasi. Serta untuk misi keluarga, kami akan berkolaborasi menjadikan Rumah Doppler Cahaya seperti pada NHW #3. Bisa dilihat  di sini yaa

Semoga dengan genting-genting yang tersusun satu demi satu ibarat benang-benang merah yang kami temukan, nantinya atap rumah kami akan lengkap dan benar-benar mantap menjalankan misi titipan dari-Nya.


Jendela yang Terbuka

Sesuai tahapannya di IIP, maka saya pun belajar mengumpulkan yang terkait pada misi, bismillaahi...

❤ Karena saya ingin basicnya ilmu kesehatan. Yang in sya Allaah dalam tahap belajar selalu untuk bisa mengamalkannya dalam praktik maupun tulisan, juga ingin menyesuaikannya dalam fotografi juga traveling.

Maka :
💖 Misi hidup : mencahayakan dunia dengan kesehatan ibu dan anak serta keluarga
💖 Bidang : Asuhan kebidanan keluarga
💖 Peran : Fasilitator kesehatan keluarga

Untuk itu tahapan yang harus diperjuangkan sesuai tahapan di Ibu Profesional

⚘Bunda sayang : ilmu Asuhan Kebidanan Keluarga yang meliputi ---> kebidanan komunitas, ilmu konselor laktasi, ilmu tumbuh kembang anak, ilmu kesehatan anak, kesehatan wanita dari periode bayi hingga memiliki bayi, ilmu gizi keluarga

⚘Bunda Cekatan :
♡ ilmu perawatan diri (belajar ilmu spa dan terapi massage untuk ibu dan anak, baik ketika hamil, melahirkan dan post partum), belajar yoga agar semakin mensyukuri karunia tubuh
♡ manajemen keluarga : belajar menata rumah dengan home decor islami dan konmari, cooking class

⚘Bunda Produktif :
♡ ilmu bisnis (spa bayi dan bumil serta bufas), untuk cita-cita mewujudkan rumah doppler cahaya (rumah bersalin+rumah agama+perpustakaan+spa)
♡ public speaking,
♡ professional writing
♡ ilmu fotografi bersama suami

⚘Bunda Shaliha : berbagi ilmu personal atau class tentang laktasi, berbagi pada masyarakat untuk menjadi kader kesehatan, inspirator, penulis dan fotografer

Milestone 

Bismillaah menetapkan diri berada pada km 0 yaitu sejak anak-anak lahir meskipun dasarnya alhamdulillaah sudah dapat ketika kuliah kebidanan dan praktik. Anak pertama lahir pada tahun 2010 dan anak kedua 2016. Tapi perjalanan dari tahun 2010 hingga 2016 tidak begitu signifikan. Maka ditetapkanlah titik 0 km pada 2017 sebelum kenal matrikulasi. Bertepatan juga dengan kembalinya saya di dunia kebidanan meskipun hanya menjadi fasilitator di dunia maya yang berafiliasi pada komunitas para bidan muda di Indonesia.

Km 0- km 1 ( 2 tahun ke-1) : menguasai (lebiih lagi) ilmu Asuhan Keluarga

Km 1-km 2 ( 1 tahun ke-2) : menguasai ilmu perawatan ibu dan bayi (spa dan yoga) dan manajemen keluarga.

Km 2-km 3 (tahun ke-3) : menguasai ilmu bisnis, kepenulisan profesional, kuliah lagi, fotografi

Km 3-km4 (tahun ke-4) : menguasai ilmu menjadi inspirator, penggerak kader kesehatan, fotografer, penulis profesional

Alhamdulillaah checklist di NHW 2 sesuai dengan jadual untuk capaian ilmu-ilmu tersebut. Inilah mengapa titik sadar saya di Matrikulasi ini ketika di NHW #2 :D

Bismillaah.. lakukan, lakukan, lakukan, lakukan !

Seperti yang saya tulis di NHW latihan yang saya kutip ke sini lagi (sepertinya akan terus saya tautkan selama mengerjakan NHW di matrikulasi ini 🙊 semoga mak fasil ga bosen baca 😄)

Duhai emak, kurasa engkaulah barisan calon penghuni surga yang sangat dicemburui

Ketika kau baru tersadar bahwa dunia sebenarnya berada di tanganmu

Allaah telah lebih dulu menundukkan surga di bawah telapak kakimu
(Viana Wahyu)


Semangatlah, emak-emak pembaharu ^_^
Semangat bermimpi dan membangunnya 😍😙



Viana Wahyu
Mahasiswi Matrikulasi IIP Batch 7







Tidak ada komentar