Sabtu, 31 Oktober 2020

8 Tips Rahasia 10 Ribu Jam Jadi Master ala Momster



Pernah dengar bahwa untuk menjadi seorang ahli/ master di bidang yang kita tekuni, maka harus mencapai 10 ribu jam terbang? 

Artinya melakukan konsistensi kegiatan yang kita pilih sampai terpenuhi dalam sepuluh ribu jam = 600 ribu menit. Ah, tidak usah dihitung juga bilangan detiknya ya, apalagi kalau dikalikan hari dalam setahun, bisa makin mabuk kalau ketemu bilangan berpangkat, hihi

Penasaran darimana sih teori 10 ribu jam ini bermula, dan apa saja delapan tips rahasia ala momster, mommy master, untuk menggapai hitungan waktu spektakuler ini?

Yuk, kita kupas bersama-sama, sudah sampai tahap mastah atau masih jadi bahan mentah nih?

Senin, 26 Oktober 2020

5 Dreamlist Motivasi Menulis

 



Ada dua kata yang ternyata bisa meluluh-lantakkan masa depan. Ya, hanya dua kata. Sebelum meneruskan membaca, coba tebak, apa hayoo?


Jawabannya ialah,

"Saya tahu."


Ga nyangka, kan jawabannya? Ini saya dapat dari auditorium daring Pejuang Literasi.


Kenapa dua kata di atas bisa jadi momok?

Senin, 19 Oktober 2020

Berkomunitas? Jauhi 5 Sifat ala Barnacle, yuk!



Are you ready?

Yes, captain!

Masih ingat film anak yang sering ada pertanyaan demikian? Cluenya, setting tayangan fiktif ini mengusung tema lautan.

Yes, betul! Film itu bertokoh utama spons kuning 😀, hihi. Pernah memperhatikan tidak jika ada nama tokoh yaitu Barnacle boy. Nah, Barnacle sendiri yang merupakan nama dalam bahasa Inggris, ternyata beneran ada di dunia nyata, lho!

Di Indonesia, Barnacle dikenal dengan nama Teritip! Dia bukan organisme yang suka ngintip lho, ya. Eh, tapi bisa juga sih jika ditelusuri kehidupannya yang melekat pada 'inangnya', suka mengintip dan mengikuti pergerakan tempat yang ia tinggali secara diam-diam saja.

Jika perahu, kayu, bahkan organisme laut yang suka Teritip jadikan tempat tinggal bisa menjadi berkerak, aus, bahkan usai masa hidupnya, maka Teritip/ Barnacle dalam perahu komunitas juga ada, nih.

Ga percaya? 

Simak deh Pantangan dalam Berkomunitas berikut ini. Jangan sampai ada jiwa Barnacle dalam diri kita ya.

Minggu, 18 Oktober 2020

7 Cara Aman Bepergian saat Pandemi

 


Sudah berapa kota, pulau, bahkan negara yang telah dikunjungi? 9

Maunya tiap minggu bisa pelesir, apalah daya pandemi masih bikin hati berdesir kalau nekat jalan-jalan. 🙈 Hayoo siapa yang begini? 

Eh, tapi masih bisa kok jalan-jalan ke tempat yang dekat dari rumah, aman, dan kita sendiri juga dalam kondisi sehat. Apalagi kalau anak-anak dan keluarga sudah bosan #dirumahaja, hehehe.

Sebelum cuss bepergian, coba dicocokkan persiapannya dengan Hal-hal yang Perlu Dilakukan ketika Berwisata saat Pandemi berikut,

Jumat, 16 Oktober 2020

7 Tips Hamil Anti Galau di Kelas Bumil Cerdas

Design by Viana Wahyu


Halo, Bunda

Hamil di masa pandemi gini, mau curhat nanya keluhan kehamilan ke bidan, tapi mager mau keluar rumah karena suami juga sudah mulai WFO 🙈 terutama jika hamil pertama pula! Butuh teman cerita buat berbagi bimbang, ini mitos atau fakta, tapi pas berselancar daring, ga nemu jawaban yang pas. Belum lagi kalau baper karena lihat drakor, aktrisnya pas scene kontrol hamil ditemani suaminya tercinta.

Biar ga melow sendirian di rumah, misalnya karena calon anak pertama masih di dalam perut, atau jarak kehamilan sebelumnya cukup jauh, ada Tips Hamil Anti Galau saat di Rumah nih, Bun

Satu, cari teman sesama bumil.
Ini nih enaknya kalau jadi perempuan, apalagi sama-sama hamil, biasanya suka saling berbagi info menarik dunia kehamilan, mulai dari rekomendasi fasilitas kesehatan yang nyaman, makanan mood booster, sampai sale barang-barang maternity dan baby.

Dua, punya kontak tenaga kesehatan peduli bumil.
Zaman serba daring begini, biasanya banyak layanan konsultasi kesehatan. Salah satunya Kelas Bumil Cerdas (KBC) dari Bidan Muda Bergerak ini. Para bidan fasilitatornya meski masih unyu tapi banyak pengalaman. Telaten menjawab chat, serahasia apa pun curhatnya, akan dijawab dengan nyaman. Dan enaknya, bu bidan ready on chat jika ada situasi emergency, tengah malam sekalipun! Kelasnya juga berlangsung selama 6 pekan, agak lama ya, Bun, jadi ga sebentar terus ditinggal pas lagi sayang-sayangnyaa, hihihi.

Senin, 12 Oktober 2020

Komandan Sayang di Pejuang Literasi




Sebuah rahasia besar sering berada di balik pintu yang tidak terbuka oleh sensor gerak, namun berpalang besar oleh kayu atau besi berukuran lebar. Jantung menjadi lebih cepat berdetak saat kunci sudah di tangan dan tinggal sekali gerakan mendorong. Hingga terbukalah sekat itu dan terpampang jawaban segala imajinasi, sesuai ekspektasi atau halusinasi.

Dor!

Ah, bersyukur sekali suara senapan itu hanya dalam imajinasi, tidak sebenarnya terjadi di hadapan saya, yang bisa membuat pompa jantung terjeda sesaat karena kaget saat memasuki markas.

Alhamdulillah, bisa merasakan berada dalam barisan para pejuang yang berbinar saat kami bersama-sama mengikuti apel penyambutan, karena tidak ada acara push-up untuk para junior, Ndan!

Merasakan masa orientasi ala batalyon yang ga bikin ngeri, tapi malah senyum-senyum penuh menantikan kejutan, rasanya baru pertama ini saya alami, di Pejuang Literasi. 

Dulu saya pernah mengalami orientasi kampus tapi modelnya mirip semi militer 🙈 meski minim hukuman fisik, tapi aturannya sampai membuat kami memilih tidur di lantai daripada disuruh lari jika sampai ada lipatan di sprei dipan asrama.

Penasaran bagaimana orientasi di Pejuang Literasi? 

Yuk, ikut berkeliling markas 🥰