Sabtu, 02 April 2022

Yang Terjadi Ketika Ibu Hamil Berpuasa

 



Bunda yang sedang hamil galau tidak ketika Ramadan datang? Mau ikut puasa atau enggak, yaaa? *hitung kancing aja, hihi.


Kekhawatiran terbesar ketika Bunda puasa biasanya disebabkan karena memikirkan janin. Apakah dengan puasa nantinya akan mempengaruhi janin? Apakah Bunda kuat puasa karena biasanya makan lebih banyak? Atau malah khawatir terjadi persalinan dini, berat janin lahir rendah? 


Pertama yang ingin saya ucapkan ialah, masyaallah barokallahu ya, Bunda untuk segenap cinta dan perhatian serta kekhawatiran yang diberikan pada janinmu. Hal itu menunjukkan besarnya kepedulianmu pada titipan-Nya. Yang kedua, ayuk kita telaah bersama bagaimana sebenarnya yang terjadi saat ibu hamil berpuasa. Cuuuusss klik baca selanjutnya, yaaaa. 


Puasa itu wajib tapiii ....


Bunda, perintah untuk berpuasa memang secara langsung diturunkan oleh-Nya dan menjadi sebuah kewajiban bagi setiap muslim. Namun Allah pun juga memberikan keringanan dalam pelaksanaannya di bawah ini,


"(Yaitu) beberapa hari tertentu. Maka barang siapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seseorang miskin. Tetapi barang siapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebaikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasamu itu lebih baik jika kamu mengetahui." (QS Al Baqarah: 184)


Maka Allah berikan keringanan jika umat Islam berat untuk menjalankan ibadah puasa tersebut, namun dengan tetap memperhatikan ketentuan ketika bolong puasa, ya. Jadi ingat bahwa perempuan memang menjadi makhluk yang wajib dipimpin laki-laki karena kurangnya dalam agama, salah satunya bisa jadi disebabkan karena dalam hal puasa begini perempuan sering tidak bisa full selama bulan Ramadhan dan harus menggantinya di bulàn lain.


Ketika ibu hamil memilih berpuasa


Dalam beberapa jurnal dan penelitian oleh praktisi kesehatan baik dalam dan luar negeri, dalam keadaan kehamilan yang sehat, puasa tidak menjadikan seorang bayi lahir dengan berat rendah (BBLR), meskipun memang secara asupan kalori menjadi berkurang secara umumnya.


Puasa pada trimester berapa pun juga disebutkan dalam beberapa penelitian tidak mempengaruhi lamanya kehamilan, tidak menyebabkan persalinan preterm, berat janin sevara statistik mungkin lebih kecil dari ibu hamil yang tidak berpuasa, namun secara klinis tidak dianggap berarti karena jika kehamilan sehat saat puasa insyaallah berat bayi termasuk dalam kategori normal. 


Hal-hal di atas berlaku untuk ibu hamil yang kondisi kehamilannya sehat secara hasil pemeriksaan oleh bidan dan dokter obgyn ya, Bun. Beberapa hal yang menyebabkan kondisi kehamilan lebih memerlukan perhatian khusus dan sebaiknya tidak berpuasa (apalagi dengan anjuran nakes yang memeriksa) di antaranya ialah kehamilan dengan hipertensi kronik, diabetes mellitus, asma, preeklamsi/eklamsi, penyakit jantung, penyakit ginjal, riwayat keguguran janin, dan riwayat kelahiran preterm/ premature atau pun jika ada kondisi-kondisi lain yang bisa memperberat kondisi kehamilan dan memerlukan perhatian lebih secara medis.


Yang terjadi pada janin saat ibu hamil berpuasa


Bumil yang berpuasa dipengaruhi oleh tingkat gula dalam darah. Dalam jurnal disebutkan bahwa janin mempunyai presentase konsumsi gula kurang lebih 6mg/ kg berat janin/ menit, yang diartikan secara klinis tiga kali lipat jumlah orang dewasa. Saat bumil berpuasa kadar gula cenderung mengalami penurunan, namun tidak menyebabkan bayi lahir rendah. 


Seorang bumil yang berpuasa perlu mengatur pola asupan agar kondisinya tetap stabil. Pengaturan ini sangat ditentukan oleh menu yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka atau pun setelah berbuka. Kondisi makan dan ngemil yang biasanya saat tidak puasa sering dilakukan saat siang hari, sambil menggulir layar gawai atau pun sambil memihat drama kesayangan, maka saat berpuasa jadwalnya digeser juga. Makan dan ngemilnya dilakukan pada saat sahur hingga sebelum tidur malam.


Ibu hamil wajib membatalkan puasa


Ada kondisi yang sebaiknya ibu hamil membatalkan puasa jika terjadi hal-hal berikut,

Penurunan berat badan atau berat badan tidak bertambah sesuai usia kehamilan

Pusing, mata berkunang-kunang, lemas yang berkelanjutan bahkan sampai pingsan

Terdapat tanda-tanda dehidrasi: bibir kering, bak sedikit dengan warna urine tidak jernih, dan merasa sangat kehausan, kadang kulit pun menjadi lebih cekung

Ada hal-hal yang tak biasa, misalnya kontraksi, perut menjadi tegang, keluar spotting/flek bahkan perdarahan dan kondisi lainnya


Membatalkan puasa untuk kebaikan janin ya, Bun. Insyaallah segala niat telah tercatat dan semoga diberikan kemudahan untuk mengganti puasa di kemudian hari.


Tips berpuasa pada ibu hamil


Satu, memastikan kehamilan bunda sehat. Hal ini bisa dilakukan dengan berkonsultasi pada tenaga kesehatan kebidanan dan kandungan yang memeriksa Bunda. Segala hal kekhawatiran dan harapan maupun riwayat kehamilan sebelumnya sebaiknya disampaikan dengan jujur agar mendapatkan saran terbaik.


Dua, atur pola makan dan minum. Menggeser jadwal makan dan minum menjadi saat sahur dan setelah berbuka. Usahakan di antara waktu tersebur kebutuhan gizi tetap terpenuhi ya, Bun terutama kebutuhan cairan.


Tiga, memperbanyak serat serta memilih jenis makanan yang bisa mengenyangkan lebih lama. Saat berbuka perbanyak serat dari sayuran dan buah serta biji-bijian. Hal yang sering dialami bumil ialah konstipasi, jadi upayakan selama berpuasa bunda tidak malah bermasalah dengan hal ini, ya. 


Empat, mengatur aktivitas. Selama berpuasa usahakan untuk sebisa mungkin meminimalisir dan mendelegasikan aktivitas, baik pada kecanggihan teknologi maupun keluarga. Namun juga tidak dibenarkan untuk memperbanyak tidur ya, Bun.


Lima, berpikiran positif dan berdoa. Memperbanyak afirmasi positif pada kehamilan Bunda serta memperbanyak komunikasi dengan janin, misal "insyaallah kita kuat puasa ya, Nak", memiliki lingkaran support, dan tentunya berdoa mohon kemudahan dan kekuatan.


Hmmm, jadi siap berpuasa tahun ini Bunda hamil? Yuukk, semoga Allah berikan kemudahan ya. Jika ada yang ingin didiskusikan boleh yaa. Semangaaaat 🌻








Tidak ada komentar: