Selasa, 25 Juli 2023

Caterpillar Mystery Box

 




Bismillah

Ada enggak sih film tentang ulat lucu kayak iklan salah satu teh? Atau visualisasi ulat unyu yang sedang berada di sebuah stadion besar? Kalau enggak salah ada sih yang mirip tokoh fabel sedang lomba di stadion itu adalah seekor siput dan segenap penonton siput juga. 

Kok fase di buncek 4 saat ini mirip dengan tokoh-tokoh lucu itu, yaa. Tahap ulat, lho, ulaaat! Hihii, aku sih tidak suka ulat tetapi masih berani menghadapinya. Tipe pembelajar visual kayak gini lebih nyambung dan mengingat jika bisa menggambarkan tokoh yang pas, meskipun sebenarnyaa tokoh itu adalah seekor hewan.

Jadi, baiklah mariii kita bercerita tentang ulat. (Jangan sampai kepeleset huruf akhirnya jadi r nih, hiii). Rasanya itu seperti membeli kucing dalam karung, eeeh memilih kotak ulat (kok serem), memilih kotak misteri bagi ulat penjelajah.

Semakin misterius saja nih hutan buncek 4. Apa sajakah misterinyaa?


Keluarga dalam Misteri

Semua makhluk hidup akan ikut berkilau tertimpa sinar matahari. Begitu juga dengan si ulat-ulat penjelajah buncek 4 yang telah keluar dari batang pohon ek. Dengan bantuan dan penunjuk arah dari magika dan peri hutan, akuu (yang juga termasuk salah satu dari ulat itu) mulai bertemu secercah cahaya matahari yang menembus pucuk dedaunan.

Setelah bertemu keluarga besar penjelajah kami diminta untuk memilih keluarga masing-masing. Ya, meskipun terlahir sendiri tapiiii ternyata di hutan buncek 4 ada keluarga yang bisa dicari sesuai peta belajar. 

Ah, benar-benar peta belajar itu seperti tongkat wasiat.

Nahhh, ada lucunyaa nih, untuk memilih keluarga harus menunggu gerbangnya dibuka (info jamnya dibuka agak telat dikiit, tapi bisa dimaklumi siih, nyari kunci gerbang di hari Rabu malam-malam mungkin keselip) daaaan akan ada kepala keluarga yang akan terpilih secara jejak. Yang menjejakkan kaki lebih dulu ke gerbong Google form atau yang menduduki time stamp pertama akan menjadi kepala keluarga.

Sebenarnyaaa sih tugas kepala keluarga di sini ya seperti kebanyakan tugas kepala yaitu mengorganisir keluarga tapi dengan target yang telah ditetapkan. Kamis untuk membuat rumah keluarga, Jumat perkenalan, Sabtu membuat jadwal dan menetapkan pilihan siapa yang akan live di hutan. Ternyata jejakku menduduki tingkat kedua, artinyaaa jika lebih awal submit bakalan menjadi ketua. Ah, aku tidak mengincar menjadi kepala keluarga sih (karena alhamdulillah sudah memiliki kepala keluarga paksu itu yang paling nyamaaan 😀).


Cabang Misteri dalam Keluarga

Akhirnya terlabuhkanlah kaki ulat di rumah keluarga masing-masing. Untuk saat ini aku memilih berada di rumah fotografi dan videografi (tahu enggak, pengeen lho sebenarnyaa ngasih nama singkatan jadi fovi kayak zaman di kampung bakat 1, tapiii itu kan beda wahana yaa, jadi simpan saja deh keinginan ini). Berusaha menjadi ulat yang patuh.

Kadang kita memang cukup hanya menyimpan keinginan dan rasa, sebab tak semuanya bisa diungkapkan dengan suara yang lantang. Berada dalam kesunyian tanpa suara kadang membuat kita lebih banyak belajar kehidupan.

Di rumah ini kami bertiga belas tentu saja dengan tiga belas peta belajar. Sebagian besar teman-teman memilih fokus pada videografi, baik pada teknik pengambilan video maupun editingnya. Keren sih yaa memang sekarang sedang zamannya video di mana-mana. Pun video ini bisa mendukung passion lainnya atau mengembangkan passion yang sudah ada sebelumnya untuk pendokumentasian.

Jadi makanan di pekan 3 ini adalah berasal dari sharing keluarga, ada beberapa makanan yang sempat kuicip-icip niih,

  • Editing video di pc tanpa watermark dari buku pintar vide editing (Puput)
  • Cara menggunakan capcut untuk pemula (Yuni)
  • Editing video kreatif untuk menjadi Youtuber dan copywriting (Hestu)
  • Video sinematik dengan ponsel (Risti)
  • Mengenal software editing dan mengenal Capcut dan VN (Lia)
  • Start to be fotografer dan videografer ( Oline)
  • Read aloud dan typografi Canva (Gayu)
  • Jenis lensa kamera dan mobile photography (Flora)
  • Mengenal fitrur kamera smartphone (Maida)
  • Teknik fotografi (Sulina)
  • Teknik fotografi smartphone (Nunu)
  • Menjadi Youtuber dan content creator (Ellon)
  • Editing video (Linda)
Dan ini sharingku pada teman-teman

Alhamdulillah dua pekan kemarin mencerna tentang 


📸 Alhamdulillah dua pekan kemarin mencerna tentang "Expert Photography" yang mencoba disesuaikan dengan peta belajar viana yaitu 🔮"magical story" ✨dari fotografer @dinabelenko dan @jordikoalitic serta di pekan ketiga ini sudah sempat icip materi dari @expertphotography. 

Ketiganya merupakan model yang dengan style fotografi kreatif atau ala DI tapiii sebenarnya tidak selalu semua fotonya dari hasil DI, bahkan dengan properti yang kadang tidak terpikirkan oleh awam tapi merupakan benda-benda yang murah dan mudah didapat. Sebelumnya alhamdulillah sempat belajar advance photography dan DI juga ke fotografer lokal yaitu Mba DF, SS, AS, dan PH. 

Potluck kemarin ngicip banyaak sih, ada yang tentang videografi, public speaking, bahkan coding untuk anak karena termasuk handling anak yang masih masuk dalam peta belajar.

✨ Salah satu foto yang tampil di tautan viana ini adalah salah satu hasil dari action photography/freeze photography dengan dedaunan. Senang banget sih saat bisa memotret obyek  yang seolah membekukan waktu dan tentu tetap bercerita. Bersyukur bangeet ada shutter speed yang selama ini jadi teman dekat bikin action photography.












📚 Jejak dan sharing viana tentang fotografi alhamdulillah menjadi buku "Semua Emak Bisa Jadi Fotografer" yang baru launching kemarin.

🎞️ Oyaa tahun ini insyaallah akan sharing sebagai ayunda ketiga kali di kampung bakat, belajar bareng yuuk di kaba 3 ☺️


Insight belajar di rumah keluarga

Masyaallah alhamdulillah, selalu ada pembelajaran yang bisa dipetik. Meksipun berwarna-warni peta belajarnya tapi kami memiliki kesamaan untuk memaksimalkan kamera baik di ponsel atau kamera. Belajar juga untuk menerima hasil keputusan bersama maupun sebagai anggota keluarga berusaha juga untuk berpendapat dan tetap menerima yang mungkin lebih baik untuk keluarga kita.

Akhirnyaaa kami pun memilih siapa yang akan live di FBG.
Bismillah aku pun juga akan mencoba untuk sharing di FBG.






Tidak ada komentar: