Jumat, 25 Juni 2021

Boarding Pass Traveling Laut Bunsay 7



Inilah yang dinantikan, masa untuk berpetualang ke dunia bawah laut. Nah, biar seru enaknya naik apa yaa? 

Eh, tapi sebelum nyemplung ke laut, kita mesti siapin boarding pass dulu nih. Bersama tim pemandu dari pra-bunsay batch 7 kita diminta melakukan self talk dulu tentang keadaan lautan bunda sayang nantinya. 

Untuk awalannya sebagai amunisi kita diajak mengingat kembali CoC. Hmm, kira-kira bagaimana yaa reportase hati saat diajak berdiskusi? 😀



Penerapan CoC selama menjadi Anggota IP

Alhamdulillah sih ada yang sudah bisa dijalankan dengan baik yaitu pada hal publikasi bermartabat. Dengan tidak membawa informasi dari luar sebelum benar-benar disunting dengan 3B, apakah benar, baik dan bermanfaat. Serta selain itu wajib mengangkut juga sumbernya yang valid, dan jika hal itu berasal dari diri kita sendiri, ga usah ragu untuk menyampaikannya. 

Namun ada satu bagian coc lagi nih yaitu tentang silent reader. Sepertinya ini alamiah banget yaa ditemui di ragam komunitas dan wadah sosmed. Mari kita telaah lebih dulu, CoC untuk tidak menjadi pembaca yang diam tanpa respon ini apakah benar? 

Benar dong, tak bergeming itu mungkin hak pribadi ya, tapi berkomunitas itu memerlukan aturan yang harapannya menjadi kebaikan bersama. Jadi benar bila silent reader ini perlu diterapkan sebagai sebuah aturan yang wajib ditinggalkan perilaku tidak bermartabat ini.

Baca juga

Lalu bisa jadi komunitas sedang butuh respon kita dan sebagai bagian komunitas, sudah selayaknya kita berpartisipasi aktif. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar