Rabu, 19 Januari 2022

Menakar Kadar Bahagia ala Kami (Sebuah Refleksi Tantangan Zona Bunsay 7)

 

Cermin


Ada yang bisa menginfokan detektor pengukur kebahagiaan tervalid? Atau seberapakah kadar bahagia kita?

Kalau mau berselancar sih, bakal menemukan tulisan-tulisan yang berdasarkan penelitian para ahli bahwa kebahagiaan bisa diukur. Ada gross national happiness (tapi saya kurang jelas tentang hal ini) dan hal-hal lainnya didasarkan pada apa yang tertera di laman sosmed.

Misal platform X meletakkan standar kebahagiaan pada kata-kata status atau caption, platform Y mendasarkan pada penggunaan emoji atau komentar positif, dan platform Z menjadikan foto-foto senyuman sebagai indikator kebahagiaan. 

Tapi, kalau buat saya, laman sosmed apalagia dunia daring itu kan semu. Apa yang tampak tidak selalu sama dengan realita. Ada framing, ada setting dan pastinya mood pengunggah. 

Soooo, kadar bahagia itu seperti apa?

Rabu, 12 Januari 2022

Kota Nostalgia

 



Apakah yang membuat sudut-sudut kota-kota itu mampu menghadirkan kerinduan saat kita berada di sana? 

Kami saat ini berada di kota yang menyimpan banyak kenangan dahulu kala. Saya dan suami sama-sama kuliah di Surabaya tapi ga pernah ketemu. MasyaAllah saat ternyata Allah menyatukan hati kami dan ketika kami kembali ke kota ini rasanya, ingin berlama-lama di sini. 

Dari sini mana dulu kami mengukir kenangan? 

Jika Orang Tua Kangen Kita (Edisi Mudik)

 



Saat masih kuliah jauh dari orang tua dulu, pernah Ibu menelepon demikian, 

"Vi, Ibu kangen!"

Tanpa menunggu lama saya langsung pulang. Kerinduan pada orang tua masih bisa tertahan, tapi ketika orang tua rindu pada kita, jangan sampai mereka menunggu lama untuk menanti kita datang.

Sebab setelah orang tua kita tiada, kita hanya akan memeluk bayangan mereka dalam tembok rumah tempat kita mudik. 

Tetap Main di Rehatnya Perjalanan

 

Journey


[5]

Tahu tidak kenapa anak-anak itu sukanya maiiiin terus? 

Tapi dengan mereka bermain itu yang insyaAllah menjadikan mereka terus bahagia dan lebih kuat daya imunnya dibanding orang dewasa.

Hiks berarti orang dewasa pun harus banyak maiin ya.

Dan di tempat persinggahan perjalanan ini anak-anak pun tetap tak kehabisan energi untuk main. Oke lah, yuk kita main juga.

Sabtu, 08 Januari 2022

Happiness on Board

 



Jika ada pilihan follow the flow atau contra the flow mau pilih yang mana? 


Waah kalau saya bakal jawab tergantung lingkupnya, normally akan berusaha mengikuti arus saja, tapi jika contra flow itu lebih baik menurut kita ya memantapkan diri saat memilihnya. 

Seperti tadi pagi jelang siang saat kami memulai the journey. Paksu dengan semangat mengikuti lajur untuk contra flow, menerobos jalur berlawanan arah di tol. Sedang saya berusaha mengikuti dengan agak deg-degan. Tapi lama-lama berusaha mengikuti juga.

Lalu bagaimana cerita perjalanan kami? 

Jumat, 07 Januari 2022

Perbekalan Pengingat Kebahagiaan di Perjalanan

 



Jangan rusak kebahagiaanmu bersama keluarga karena sikap orang lain


Eeeh, ini kenapa quotenya begini? Hihi anggap saja ya kita sudah dalam perjalanan nih, sudah bahagia dengan setting kendaraan, sudah lengkap dengan perbekalan, dan semua hepi memulai perjalanan, tapiii ada kendaraan lain mengganggu kenyamanan kita karena jalan sesukanya sendiri.

Sikap kita baiknya bagaimana? 

Kamis, 06 Januari 2022

Mudik, Kata dan Penyemangat Ajaib bagi Chivily


Perjalanan


Bismillah,

Kita mau mudik yaaa anak-anak


Yeayyy ...! 

"Mudik" memang menjadi hal yang menumbuhkan semangat bagi kami. Semacam hadirnya energi baru di tengah lintasan marathon. 

Bagi saya pribadi, mudik itu lebih dari sekadar traveling. Bahkan ketika macet pun, saya tetap suka. 

"Macet kok senang sih, Bun." kata suami.

"Iya, Yah, asal bersamamu dan anak-anak." Cieeee

Sejak kecil ketika mudik lebaran dari Ngawi-Kediri-Banyuwangi, saya memang tidak masalah dengan namanya macet. Justru yang dicari dan menjadi beda antara mudik lebaran dengan perjalanan biasanya itu terletak pada kemacetannya (dulu menjawab ini ditertawakan Bapak dan Ibu, sekarang tambah ditertawakan suami). 

Macet pun bisa jadi lebih romantis kaaan?

Rabu, 05 Januari 2022

Playdate Ala Chivily - Proyek Bahagia Hari Pertama

 

Keluarga

 

"Adek tahu rapat itu apa?"

"Tahu, ngobrol-ngobrol kaaan?"


Hihi, masyaAllah, alhamdulillah anak-anak selama ini sudah paham kerjaan Ayahnya yang memang kalau saat di kantor sering bangeeet Ayah bilang sedang rapat atau mau rapat atau abis rapat. 🤭

Dan biasanya juga kalau rapat, Ayah akan membawa snack atau bahkan makanan box yang tidak sempat beliau makan karena memang jatah berlebih atau kebanyakan rapat (jadi kebanyakan makanan) untuk dibawa pulang dan diberikan pada anak-anak saja. Saya pun juga demikian kalau ada agenda bersama emak-emak, jamuan yang ada lebih nyaman untuk dibawa pulang buat anak-anak dibanding dimakan di tempat.

Jadi ingat masa kecil selalu dibawakan jajanan juga box makan jika Bapak rahimahullah ada rapat di kantor dan Ibu jika ada rapat Dharma Wanita atau PKK.

Selasa, 04 Januari 2022

Mengenang Surat-Surat Usang

 

Surat usang


Saat ini siapa yang masih "surat-suratan"?

Anak generasi 90-an pasti tahu dan bahkan ada yang merasakan nih masa-masa menulis surat, mengirim dengan perangko dan pergi ke kantor pos atau memasukkan ke kotak pos yang ada di jalanan kota. Ehm, kalau ga pernah, minimal tahu ya ada nama teman penerima surat yang terpampang di papan sekolah? Hmm atau kalau ga pernah juga, minimal tahu pergerakan pak pos deh ya dengan karakter khasnya berseragam-helm dan motor orange, hihi.

Sekarang bagaimana ya keberadaan surat beramplop dan berperangko itu di masa kini? 

Senin, 03 Januari 2022

Tips Aman Tanpa Deg-Degan Saat Anak Divaksinasi Covid di Sekolah

Vaksinasi Covid pada Anak-Anak


Bismillah,
Mas divaksinasi di sekolah, yaaa

Teman-teman yang ikut banyak, Bun? 

Banyaaaaakk, tenang saja, kamu ga sendiri, le (yang ngerasain tremor alias nervous 🙈 bagian ini saya ucap dalam hati saja).

Ada yang tidak deg-degan saat divaksinasi covid?

Minggu, 02 Januari 2022

Pertanyaan Logika Medis dari Film Di Bawah Lindungan Kabah

 


Meski film ini sudah lama tayang, bolehkah kembali bertanya, hal apa yang paliing berkesan? 

Kalau buat saya yang paling meninggalkan jejak ialah pesan dalam cerita itu sendiri. 

Dengan judul yang sudah pasti akan berakar pada kehidupan umat Islam (mengadaptasi dari novel karya Buya Hamka dengan judul yang sama) ada bumbu-bumbu kehidupan manusia biasa. Ada romantisme yang dikemas tanpa sentuhan, namun menjadi puncak konflik ketika sebuah keadaan genting yang membuat mereka bersentuhan.

Nah, sudah tahukah apa kejadian itu?