Rabu, 06 Oktober 2021

"Hatimu, Kunci Bahagia Rumahmu" Refleksi Zona 3 Bunsay 7

 Bismillah


Kita ga akan pernah bisa memulai interaksi dengan orang lain sebelum kita selesai dengan diri kita sendiri


Apalagi nih emak-emak yang multiii dynamic bangeeet! Meskipun mungkin kita bisa berkomunikasi dengan orang lain, namun akan selalu ada rasa ga nyaman yang hinggap. Rasanya bikin eungap ceunah kalau kata urang Sunda nya'. 

Ada yang pernah merasakan begini? 

Pengennya bisa berkomunikasi yang produktif ternyata malah jadi sensitif, bapernya akut, Maaak! Pengennya bisa membangun relasi malah jadinya menuai sensasi dan makan hati, hiks.

Nah, zona saat ini yang baru terlewati ialah tentang komunikasi produktif. Ada beberapa hal yang kutemukan selama di zona ini.

Rabu, 15 September 2021

Refleksi Zona 2 Bunsay

 


Anggaplah sebuah perjalanan panjang bagaikan proses melukis, setiap jejak yang tercetak akan selalu ada decak harap dan terserak kejutan-kejutan yang membuatmu anti mangkrak. (Viana Wahyu)


Duhai,

Baru zona 2! 

Eiits, coba ubah deh menjadi Alhamdulillah sudah zona 2 🥰.

Adakah perbedaannya?

Kalau bagiku, ada perbedaan dari keduanya. Pernyataan pertama melukiskan (hihi kita lukis-melukis yaaa), perjalanan dan napas yang kita butuhkan akan sangat panjang, tapi yang kedua menyiratkan sudah ada pencapaian dan kita labuhkan syukur atasnya.

Lalu ada apa di zona 2? 

Rabu, 25 Agustus 2021

Refleksi Zona 1 Bunsay 7


Menjumpai tantangan insyaAllah bisa ditaklukkan, tapi menembus badai, hanya dengan keyakinan dan pastinya rahmat-Nya saja yang bisa menyusun kembali pertahanan kekuatan yang porak poranda.

Zona 1 kemarin macam-macam rasanya. Yang semula bakalan menghadapi dalam kondisi nyaman, ternyata Allah hadirkan ujian, yang awalnya mengira akan baik-baik saja, ternyata harus berjibaku naik turunan tanjakan kehidupan. 

Sempat terpikir untuk menyerah di hari kelima bersamaan dengan hadirnya ujian-Nya sebelum pembelajaran zona 1 selesai. Ah, tapi siapa yang bisa menghindar jika cobaan yang datang itu berasal dari-Nya? 

Sabtu, 24 Juli 2021

Aliran Rasa Pra-Bunsay "Petak Umpet Kebahagiaan"





Kehidupan ini bukanlah ajang berkompetisi dengan menoleh ke samping, sebab akan selalu ada cermin yang selalu jujur mengungkap capaianmu hari ini dan kemarin.

Kalau penat di daratan, enaknya ke mana? Nyemplung ke laut aja deh, hihihi. 

MasyaAllah, di tengah pandemi yang mau tidak mau menyisipkan aneka rasa dalam kehidupan, namun lebih banyak rasa ga enak ya, sebagai emak aku pernah merasakan stres, hiks (baca, banyak pikiran).

Nah ternyata seolah pertanyaan di awal tulisan ini terjawab, akhirnya pra-kelas Bunda Sayang Ibu Profesional tiba! Daaaan, beneran mengajak nyemplung ke laut para pembelajar di jenjang ini doong. 🙊

Duuuh, duuh,
Berasa impian yang terjawab atau lamunan ngasal yang bikin kaget ketika jadi kenyataan tak terduga? 

Jumat, 16 Juli 2021

Broken The Limit or Broken The Home

 


"Bergeraklah hingga kelelahan itu lelah mengikutimu." (K.H Rahmat Abdullah)


Alhamdulillah, latest mission on pre-Bunsay batch 7!

Hatiku berontak! 

Pikiran bergejolak!

Uwww masyaAllah, menjurnal tiap hari? Mengirimkan setoran misi tanpa jeda bertemu mentari? 

Rasanya kok agak berat ya? Membayangkan misi di kelas Bunda Sayang IIP yang masih rahasia berapa zona dan tantangan apa yang ada di dalamnya. 

Sampai akhirnya triinggg, sebuah pencerahan hadir ketika self talk. Mau tahu ga apa hasil perbincangan dengan hatiku?

Jumat, 09 Juli 2021

Harta Karun di Pos 3 Pra-Bunsay batch 7 Ibu Profesional



Halo, Bun

Yang terlintas di pikiran kalau menemukan harta karun dalam kotak-kotak penyimpanan saat menyelam di lautan bakal diapain? Mutiara ada, intan banyaak, apalagi berlian -si abang yang sempat ngehits- juga berlimpah, lho! Hihi.

Ah, kalau saya mah ga usah ngambil harta karun itu. 😀

Mau tahu kenapa? Sebab pengembaraan di pra-Bunda Sayang batch 7 Ibu Profesional ini sudah mengantarkan kita untuk menemukan harta karun itu bukan di laut dalam, tapi ada di laut dangkal, eeeh di dalam diri kita.

Apakah harta karun versi diri saya itu? 

Jumat, 02 Juli 2021

"Strong Why" Pra-Bunda Sayang Ibu Profesional

 

Bunda Sayang Ibu Profesional

Hidup ini kuanggap sebuah petualangan, di saat adrenalin berkejaran dengan tujuan, di sanalah kebahagiaan ikut serta dalam perjalanan ini.

Apa sih yang bikin hati para emak bahagia? Sejatinya adalah hal-hal kecil yang receh, temeh dan sederhana. Lalu ketika emak diajak main sambil belajar seperti halnya emak mengajak main anak-anaknya apa yang terjadi? Bahagia atau puyeng, hihihi.

Jumat, 25 Juni 2021

Boarding Pass Traveling Laut Bunsay 7



Inilah yang dinantikan, masa untuk berpetualang ke dunia bawah laut. Nah, biar seru enaknya naik apa yaa? 

Eh, tapi sebelum nyemplung ke laut, kita mesti siapin boarding pass dulu nih. Bersama tim pemandu dari pra-bunsay batch 7 kita diminta melakukan self talk dulu tentang keadaan lautan bunda sayang nantinya. 

Untuk awalannya sebagai amunisi kita diajak mengingat kembali CoC. Hmm, kira-kira bagaimana yaa reportase hati saat diajak berdiskusi? 😀

Sabtu, 30 Januari 2021

Asa pada Pengasuhan Inklusi

 

Pendidikan inklusi


Kita tak bisa memilih anak, tapi dengan memetik ridho-Nya, insyaAllah kita bisa menjadi orang tua yang baik untuk setiap anak


Antara terharu dan meleleh di acara panggung ceria FBG Transcity Ibu Profesional bertemakan "Pendidikan Inklusi". Acara yang menampilkan tiga teman wisatawan Hotel Mentari, khususnya Mba Siti Asmaul Chusna (IP Jogja) sebagai narasumber dengan kedua putra yang istimewa, bagiku sangat-sangat menjadikan pengingat untuk lebih bersabar dengan peran sebagai Bunda.


"Pranggg ...!"

Seperti ada intro saat Mba Chusna tampil menyapa kami. Suara yang ternyata berasal dari aksi buah hati Mba Chusna, dan beliau pun meminta izin untuk meredakan anak-anak sebentar. MasyaAllah, sampai sini saja aku takjub.

Rabu, 27 Januari 2021

7 Tips Menulis Feature Anti Ngelantur dari Kang Ali Muakhir

Tips Menulis


Berbekal nekat sebenarnya memberanikan diri ikut kelas menulisnya Ruang Aksara feat Kang Ali Muakhir (Kang Alee). Apalagi menulis feature seperti disebutkan Kang Alee sebagai tulisan yang tak pernah basi. Seumur-umur meski sering mendengar istilah yang dekat pengucapannya dengan future ini, sepertinya saya belum pernah menuliskannya di masa lalu. Mungkin inilah saat tepat belajar nulis feature yang semoga tak akan pernah luntur di masa depan.

Hingga tibalah sesi belajar live di ruang virtual yang dipandu oleh Mba Dewi 'Dedew' Rika, penulis kondang yang saya tambah ngefans lewat buku Anak Kos Dodolnya, sayangnya versi komiknya belum saya dapatkan. Siapa tahu setelah nulis ini Mba Dedew baca dan tiba-tiba komiknya sudah mendarat di rumah saya, hihi ngarep.

Senin, 04 Januari 2021

Pangling dengan Mie Keling yang Naik Panggung

 

Perhelatan Hotel Mentari FBG Transcity

Sungguh merekah si daun pandan

laiknya rumput besar tiada ranting

Kalaulah Nona belum pernah ke Medan

berkelanalah lewat rasa mie keling


Amboiii, bagaimana perasaanmu jika melihat siaran live demo masak? Bukan ajang kompetisi memasak lho, yaa, kalau yang ini sih bisa bikin deg-degan juga kadang-kadang, hihi. 

Nah, naaah,

Kali ini masih di Hotel Mentari Transcity Harmoni Ibu Profesional yang sedang menggelar panggung ceria. Bukan semata penampilan memasak ya, lalu ada apa? 

Bocorannya ada di pantun pada awal tulisan ini yaaa. Yupp, kita akan dibuat pangling abissss sama gemulai mie yang berkolaborasi bersama rempah-rempah.